Artikel

Lalu Apa Itu Hidayah?

Hidayah adalah satu anugrah dari Allah Subhanahu wa ta’ala, pertolongan dari Allah Subhanahu wa ta’ala agar kita selalu berada di atas jalan yang lurus. Karena pentingnya hidayah, kita selalu memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala minimal 17 kali dalam sehari semalam. Kita mengatakan :

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ

Artinya : “Ya Allah, tunjukilah kepada kami jalan yang lurus.” [الفاتحة : 6]

Dalam ungkapan kita tersebut, “Tunjukilah kepada kami jalan yang lurus”, seakan-akan kita mengatakan dan memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala taufik dan kita memohon bimbingan. Memohon kepada Allah bimbingan kebenaran, memberikan sinyal-sinyal untuk mendapatkan kebenaran, dan supaya diberikan kekokohan hati di atas kebenaran itu sampai kita meninggal dunia. Seakan-akan kita mengatakan :

أَلْهِمْنَا يَا رَبَّنَا وَوَفِّقْنَا وَأَرْشَدْنَا وَدُلَّنَا عَلَى طَرِيقِ الْخَيْرِ وَالْهُدَى وَالْفَلَاحِ ، وَهُوَ الطَّرِيقُ الْمُوَصَّلُ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى وَإِلَى جَنَّتِهِ بِمَعْرِفَةِ الْحَقِّ وَالْعَمَلِ بِهِ وَلُزُومِ دِينِ الْإِسْلَامِ وَتَرْكِ مَا سِوَاهُ

Artinya : “Ilhamkan kepada kami, dan berikan kami taufik, dan tunjukkan kepada kami untuk bisa mendapatkan jalan yang baik, jalan petunjuk dan jalan keberuntungan. Yaitu jalan yang akan menghantarkan kita kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, dan jalan yang membawa kita kepada Surga-Nya dengan Ilmu yang benar, dan beramal dengannya, dan konsisten di atas jalan islam, dan meninggalkan selain itu.

Oleh karena itu Nabi ﷺ mengajarkan kepada Kita satu do’a :

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ

Artinya : “Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, kokohkanlah hatiku di atas agama-Mu.”

Kenapa Qolb(Hati) itu dinamakan dengan Qolban..!!??
Dikarenakan gampangnya ia berbolak balik. Dia sering labil, maka kita memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar Allah ﷻ memberikan keteguhan, minimal 17 kali sehari semalam.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button