ArtikelHarianTanya Jawab

Yuk Nambah Ilmu! Edisi 1 – Tanya Jawab Seputar Harian Muslim

Edisi 1 – Tanya Jawab Seputar Harian Muslim

Narasumber : Buya Muhammad Elvi Syam, Lc., M.A

 

Pertanyaan 1 : Suami saya bekerja disuatu perusahaan yang di dalamnya ada koperasinya. Dan di koperasi tersebut ada sistem pinjam dan meminjam dengan bunganya 1% maka bagaimana hukumnya ust.

Jawaban Ustadz hafizhahullahu ta’ala :

كُلُّ قَرْضٍ جَرَّ مَنْفَعَةً فَهُوَ رِبًا

“Setiap piutang yang memberikan tambahan maka (tambahan) itu adalah riba.” Bahwasanya riba itu bukan hanya di lembaga saja akan tetapi juga mencakup indvidunya. Karena setiap tambahan di dalam pinjam-meminjam sedikit banyaknya maka itu adalah Riba.

 

Pertanyaan 2 : Assalamualaikum ustadz, ingin bertanya. Merindukan ganjaran nikmat surga atau takut siksa nikah, apakah dapat menghapus keikhlasan dalam beramal ibadah?

Jawaban Ustadz Hafizhahullahu ta’ala :

Tidak akan menghapus karena itu merupakan motivasi kita untuk ikhlas kepada Allah. Karena seorang ketika ia beribadah kepada Allah dengan mengharapkan balasan dari Allah tanpa mengharapkan hal-hal yang lainnya. Allah menjanjikan balasan bagi hamba yang melakukan ketaatan kepada Allah dengan ikhlas berupa masuk ke dalam surga.

 

Pertanyaan 3 : Disini disebutkan bahwasanya handzhalah sebagai juru tulis, apa yang dimaksud dengan juru tulis disini Ust.?!

Jawaban Ustadz Hafizhohullahu ta’la :

الْكَاتِبِ أَحَدٌ کتَابَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Juru tulis Rasulullah shallallahu alaihi wasallam disini adalah juru tulis wahyu Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button